PROFILE || ANGGARAN DASAR || LEGALITAS || ANGGARAN RUMAH TANGGA || PERATURAN || KESEPAKATAN || BADAN PENGURUS

Sekilas Tentang Lembaga Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS )


Yang dimaksud dengan Generasi Penerus Sosial atau disingkat GENPENUS adalah Salah satu organisasi masyarakat, yang berfungsi sebagai wadah kegiatan sosial yang memfokuskan diri dalam aktivitas belajar dan berkarya di berbagai bidang kegiatan kegiatan sosial yang bertujuan untuk kepentingan bersama, masyarakat, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dasar Pembentukan Organisasi Lembaga Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ) adalah kesamaan visi, persepsi, motivasi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan Rakyat serta mempertahankan dan memelihara Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Lembaga Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ) didirikan Pada Hari Rabu, tanggal 5 ( Lima ) Bulan 11 ( Nopember ) Tahun 2014 ( Dua Ribu Empat Belas ) dan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan Lamanya.

Lembaga Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ) untuk pertamakalinya berkedudukan dan berkantor pusat di Jl Famili 4 Rt 005 Rw 006 Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Dan dapat membuka cabang atau atau biro – biro dan atau perwakilan di tempat lain, baik di dalam maupun di luar wilayah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Pengurus atas Persetujuan Penasihat dan Pendiri.

VISI

Belajar dan Berkarya untuk kepentingan Bersama, Masyarakat, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia “.

MISI

Menjadi Salah satu organisasi yang kreatif, Inovatif, dan Profesionalisme dalam mendorong, mendampingi dan atau membangun kemandirian masyarakat, khususnya masyarakat menengah kebawah dan berazaskan pada pancasila serta Undang Undang Dasar 1945. dengan Prinsip prinsip keterbukaan, kesetiakawanan, dan keadilan sosial “.

MAKSUD ;

Organisasi Generasi Penerus Sosial atau disingkat GENPENUS Didirikan dengan maksud untuk menghimpun potensi para generasi muda yang memiliki jiwa dan semangat kebangsaan serta dedikasi yang tinggi untuk memenuhi tanggungjawab dalam memelihara dan mengisi cita cita proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia untuk menuju masa depan yang lebih baik khususnya dalam bidang Kesejahteraan Sosial, ekonomi, Pendidikan, Lingkungan dan Media Cyber, serta aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk kepentingan bersama, masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TUJUAN

Organisasi GENPENUS didirikan dengan memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Mejalankan Aktivitas dalam Bidang PERS, Media elektronik / media Cyber.
  2. Melakukan Berbagai Bentuk Kegiatan Usaha Masyarakat di berbagai Bidang.
  3. Melakukan Bentuk Kegiatan Usaha Ekonomi Kerakyatan dan UMKM.
  4. Melakukan Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat yang kurang berpengalaman dan keterampilan.
  5. Membantu Pemerintah / Swasta / masyarakat dan turut berperan serta dalam upaya upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat adat dan masyarakat umum, melakukan advokasi / pendampingan dalam berbagai bidang sosial demi terciptanya keadilan sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
  6. Mendorong Masyarakat Agar Mendapatkan kebutuhan yang mampu di bidang usaha rumahan.
  7. Terciptanya kesejahteraan sosial bagi seluruh Anggota organisasi pada khususnya dan Rakyat Indonesia Pada umumnya.

AKTIVITAS

Untuk mencapai Maksud dan Tujuan tersebut di atas, Organisasi Lembaga GENPENUS menjalankan kegiatan / Aktivitas sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Badan usaha Perusahaan pers, sebagai kantor pusat Pengelolaan Informasi, kantor pusat Berita Nasional yang dapat mencari Sumber Informasi, menerima dan menyiarkan Informasi , serta menyalurkan informasi dalam berbagai bidang melalui Media elektronik / media siber.
  2. Pembinaan Usaha Mandiri bagi generasi muda.
  3. Pembinaan dan Penyelenggaraan Badan Usaha / Lembaga Keuangan Mikro, Ekonomi Kerakyatan.
  4. Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM ) bagi masyarakat umum.
  5. Menyelenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan keterampilan Bagi Para Pemuda dan Masyarakat.
  6. Memberikan Bantuan Sosial Untuk umum, Jompo atau LANSIA, dan Anak anak Yatim Piatu, serta Anak Jalanan.
  7. Menyelenggarakan Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial Untuk Masyarakat.
  8. Menyampaikan potensi masyarakat dan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pihak pihak yang terkait, serta meningkatkan peran serta masyarakat dengan melakukan pendampingan / advokasi dalam berbagai bidang yang meliputi peran pelaksana, Peran pembinaan, Peran pengawasan dan kontrol sosial terhadap masyarakat dan kebijakan kebijakan public yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan ( pemerintah, Perusahaan – Perusahaan dalam negeri dan pihak pihak swasta lainnya ).

LANDASAN

  1. Landasan Idiologi : Pancasila.
  2. Landasan Konstitusional : Undang – undang Dasar 1945.

JATI DIRI

Jati diri Generasi Penerus sosial ( GENPENUS ) adalah Nasionalisme Pancasila, yang mengedepankan Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, dan tanpa meninggalkan ketuhanan yang maha esa.

SIFAT

Organisasi GENPENUS Bersifat sebagai organisasi masyarakat yang Mandiri, Independent dan terbuka, dengan mengutamakan kepentingan Masyarakat daripada kepentingan Pribadi atau golongan.

SIKAP

Organisasi Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ) bersikap Mandiri, Kreatif, dan Pro aktif.

PROGRAM BELAJAR DAN BERKARYA

PROGRAM BELAJAR

  1. Belajar bersama sama melakukan pembinaan dan pelatihan khusus untuk generasi muda dalam bidang keagamaan, sosial, ekonomi, hukum, kesehatan, teknologi, perpajakan, lingkungan hidup, Budaya, dan Informatika, serta pendidikan yang layak lainnya demi masa depan Indonesia yang lebih baik.
  2. Belajar Bersama sama dalam pembinaan khusus untuk masyarakat umum dalam bidang pengembangan wirausaha dan pengembangan usaha kecil Menengah ( UKM ) serta kewirausahaan lainnya demi terciptanya ekonomi masyarakat yang produktif.

PROGRAM BERKARYA

  1. Bersama sama Melakukan kontrol sosial disegala bidang Sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, hukum, dan kebijakan publik lainnya.
  2. Menyatakan dan menyampaikan visi, misi, persepsi dan potensi masyarakat serta menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pihak yang terkait.
  3. Membantu Program program Pemerintah / Swasta / masyarakat dan turut berperan serta dalam upaya upaya Pembangunan, pemberdayaan ekonomi masyarakat adat dan masyarakat umum, melakukan advokasi terhadap permasalahan sosial, budaya, hukum, hak asasi manusia, advokasi kesehatan, advokasi pendidikan dan lingkungan hidup, dan berperan serta dalam pelaksana, pembinaan, pengawasan yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan.
  4. Bersama sama melaksanakan dan membuat studi, kajian, pemberdayaan, investigasi serta terlibat aktif dalam mewujudkan masyarakat yang demokratis menuju demokrasi sosial ekonomi.
  5. Melakukan berbagai bentuk Kegiatan usaha sosial kemasyarakatan di berbagai bidang yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan GENPENUS, dan mendorong masyarakat agar bisa mandiri guna dapat memenuhi kebutuhan hidup yang layak.
  6. Mendirikan Pendidikan Formal dan Non-Formal, Menyelenggarakan Pusat pendidikan keterampilan dan lembaga-lembaga kursus lainnya serta membuka jasa konsultasi di bidang kegiatan kewirausahaan dan termasuk Bidang Informasi Teknologi ( IT ).
  7. Bersama sama melaksanakan kegiatan penyuluhan, pendidikan dan pelatihan Kewirausahaan, seminar dalam bidang kesehatan, Usaha Kecil dan menengah, dan berbagai bidang lainnya yang dapat bermanfaat untuk Para Generasi muda dan Masyarakat.
  8. Bersama sama Memberikan Bantuan Sosial Kepada masyarakat yang kurang mampu dalam hal ekonomi terutama Para Lanjut Usia, Anak Yatim Piatu dan anak jalanan serta Bencana alam.
  9. Bersama sama melakukan Kegiatan Sosial, gotong royong dalam bidang lingkungan hidup, Dan aktivitas kewirausahaan lainnya dalam berbagai bidang dengan mengedepankan Pancasila Sila ke Lima dan undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Pasal 33 Ayat 1 ( Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan ).

PROGRAM KERJA

  1. Bersama sama Melaksanakan aktivitas Bakti social Bidang Lingkungan Hidup di Lingkungan di Sekitar wilayah sekretariat Organisasi dan Lingkungan lainnya di wilayah masing masing Anggota, meliputi ; Pembersihan GOT/Saluran Air, Pembuangan Limbah Industri dan sejenisnya, Pembasmian Rumput, Penghujauan, Penataan Lingkungan, dan sejenisnya. Aktivitas ini dilaksanakan Pada Hari Sabtu atau hari Minggu Pada Minggu Pertama Setiap Bulannya.
  2. Bersama sama Melakukan Pembinaan / Pelatihan untuk para generasi muda dalam bidang Keagamaan, Sosial, Ekonomi, Hukum, Kesehatan, Informasi Teknologi ( ITE ), Keterampilan Usaha Kecil Menengah dan Bisnis online serta pengembangan bakat para generasi muda, serta hal lain yang dianggap perlu dengan mendatangkan narasumber dari berbagai kalangan sesuai Bidang bidang yang berkaitant. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin pada tanggal 10 atau tanggal 11 Pada setiap Bulannya.
  3. Bersama sama Melakukan kegiatan Bimbingan wirausaha / Pengambangan Usaha Kecil dan atau UMKM untuk masyarakat umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 januari atau 16 januari, 15 atau 16 Mei, dan Tanggal 15 atau 16 September pada tahun berjalan. dengan para pembina atau narasumber dari para relawan atau petugas yang terkait yang akan ditentukan pada lembaran surat lain.
  4. Bersama sama melaksanakan Kegiatan Sosial Pemberian Kebutuhan Pangan untuk masyarakat yang membutuhkan khususnya golongan masyarakat yang dikategorikan berada dibawah garis kemiskinan, Meliputi ; Pemberian Sembilan Bahan Pokok, yang Layak dan kebutuhan lainnya yang dianggap perlu, sesuai kemampuan ORGANISASI. Kegiatan Sosial ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 atau 6 Agustus pada setiap tahunnya.
  5. Bersama sama Memberikan Bantuan social berupa Alat alat Tulis, Perlengkapan Sekolah, dan sejenisnya khusus untuk Para peserta didik di tingkat SD dan SLTP yang statusnya adalah anak anak Yatim Piatu dan anak jalanan. sesuai kemampuan ORGANISASI. Pemberian Bantuan ini akan dilaksanakan Pada awal Tahun ajaran ajaran Sekolah setiap tahunnya.
  6. Bersama sama Memberikan Bantuan Berupa kebutuhan Makanan Pokok, Pakaian yang layak, dan sejenisnya yang dianggap perlu dan layak khusus untuk orangtua ( jompo ). sesuai kemampuan ORGANISASI. Agenda Kegiatan ini akan dilaksanakan Pada tanggal 10 Nopember pada setiap tahunnya.
  7. Bersama sama Mengelola dana yang bersumber dari iuran anggota, Sumbangan, hibah, Donasi, Hasil Usaha, dan sejenisnya untuk disalurkan dalam program program atau kegiatan kegiatan organisasi yang sesuai dengan keputusan organisasi serta tidak melanggar Aturan, Hukum yang berlaku dan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran Rumahtangga organisasi.
  8. Bersama sama Melakukan Kegiatan Lain yang dianggap Perlu dalam bentuk sosial sesuai kemampuan ORGANISASI. yang bermanfaat bagi Masyarakat umum dan tentunya tetap mengindahkan Anggaran Dasar / Anggaran Rumahtangga ORGANISASI serta sesuai dengan norma dan aturan hukum Negara kesatuan republic Indonesia. Baca Selengkapnya, KliK diSini

LEGALITAS

  1. Akta Pendirian Nomor 09 Tanggal 05 Nopember 2014
  2. SKT BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK Nomor : 00-393-0507/086/XII/2014
  3. SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ditjen AHU Nomor : AHU-0042682.AH.01.07
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak : 71.416.098.3.307.000
  5. Ijin Walikota Palembang : 503/IG.R/1433/DPMPTSP-PPK/2017
  6. Sertifikat Ijin / Rekom : 465/092/v-3/dinsos
  7. No Regs Lembaga Kesejahteraan Sosial : 1671.0017.2017
  8. Berita Negara (BN) Repubik Indonesia Nomor 52 dan Tambahan Berita Negara ( TBN ) Republik Indonesia Nomor 100/Perk.
  9. TDP PSE Kementerian Komunikasi dan Informatika :
    - BADAN KESEJAHTERAAN SOSIAL : Nomor 00154/DJAI.PSE/11/2016
    - BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN : Nomor 00150/DJAI.PSE/11/2016
    - BADAN ADVOKASI / PENDAMPING PUBLIK : Nomor 00146/DJAI.PSE/11/2016
    - BADAN PERS MEDIA SIBER : Nomor 00133/DJAI.PSE/10/2016
    - BADAN EKONOMI KERAKYATAN : Nomor 00140/DJAI.PSE/10/2016

-

Bagi para partisipan yang ingin menyisihkan sebagian dari hartanya,
Bisa menyalurkannya ke rekening nomor 1120012125899
Atas Nama : Generasi Penerus Sosial
atau





DPP GENPENUS || BADAN KESOS || BADAN DIKLAT || BADAN PERS || BADAN EKONOMI || BADAN ADVOKASI || DPT-P, DPT-KK, DPT-KC

FARTHNER dan SPONSOR