Irpan menitikberatkan pengembangan Situ Rawa binong

 NASIONAL, PARIWISATA

GENPENUS – BEKASI | Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Irpan Harroni menanggapi H Martoni, salah satu tokoh masyarakat  Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi yang berharap wakil rakyat dapat memperjuangkan keinginan masyarakat Kabupaten Bekasi untuk memiliki icon wisata, pada saat Reses I DPRD Provinsi Jawa Barat di Situ Rawabinong, Senin (02/012/2019) siang.

Irfan mengatakan, dirinya telah berdiskusi dengan Ketua Komisi 2 DPRD Provinsi Jawa Barat. “Kami sudah sepakat untuk menganggarkan pengembangan destinasi wisata Situ Rawa Binong sesuai usulan yang disampaikan Direktur Bumdesa Hegarmukti Lestari, kang Doni Ardon sebesar 20 miliar untuk APBD perubahan  tahun 2020 Jawa Barat,” ungkap Irpan Haeroni.

Selain itu, sebagaimana tertuang di usulan Dinas Pariwisata kepada Bupati Bekasi untuk rekomendasi Gubernur Provinsi Jawa Barat, dirinya akan memperjuangkan sebesar 20 miliar untuk destinasi Situ Rawa Binong, 10 miliar untuk penataan Situ Cipalahlar, 10 miliar untuk Situ Abidin, 10 miliar untuk Situ Ceper dan 50 miliar untuk penataan bumi perkemahan Karang Kitri, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu pada anggaran tahun 2021.

“Untuk Situ Rawa Binong, kami akan mulai usulan pembangunannya pada APBD perubahan tahun 2020, karena kebetulan kang Doni Ardon sudah lebih dulu menyampaikannya ke kami saat pelantikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,” terang Irpan Haeroni.

Dalam rangka Kegiatan Audiensi Reses I Tahun Sidang 2019-2020 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat tersebut, Irpan Haeroni menitikberatkan pengembangan obyek wisata Situ Rawa binong, ia juga menambahkan bahwa selain menjadi icon wisata Kabupaten Bekasi, pengembangan destinasi wisata Situ Rawa Binong diharapkan mampu menopang dan menambah perekonomian masyarakat setempat.

Pada Reses 1 tahun sidang 2019-2020 tersebut, tampak hadir sejumlah muspides Desa Hegarmukti, yakni perwakilan Kepala Desa Hegarmukti bapak Ajo Subarjo, ketua BPD Desa Hegarmukti Dedi Hendriana, para Kadus, Ketua RW dan ketua RT se Desa Hegarmukti, Ketua Bumdesa Desa Hegarmukti, Ketua Karang Taruna, ketua LPM, ketua PKK dan ketua UKM Desa Hegarmukti.

Selain itu hadir Kapolsek Cikarang Pusat AKP Somantri, SH, Kasi Ekbang Cikarang Pusat Wowo Fadillah, Bhabinkamtibmas (Pol) Aiptu Eka Agung dan Babinsa TNI AD Salmawi serta puluhan masyarakat dari sekitar.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Hegarmukti, H. Dedi Hendriana menambahkan “Situ Rawa Binong ini dianugerahi Allah SWT panorama alam yang sangat indah dan menarik, memiliki ciri khas budaya yang masih dijaga hingga saat ini dan lokasinya strategis berada di pusat ibukota Kabupaten Bekasi”.

“Informasinya, tahun depan akan dibangun alun-alun di sekitar area Situ Rawa Binong dan dibangun air mancur menari setinggi 50 meter ditengah danau,” tuturnya.

Pembangunan air mancur tersebut, diketahuinya ketika menyaksikan sambutan Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja saat Pesta Hajat Bumi Rawa Binong tanggal 14 September 2019.

Pada kesempatan yang sama, Wiwik, selaku pengurus UMKM Kecamatan Cikarang Pusat berharap agar Situ Rawa Binong menjadi pusat kuliner tradisional dan pusat perbelanjaan cindera mata di Kabupaten Bekasi.

“Selama ini Kabupaten Bekasi belum memiliki pusat cindera mata, jajanan dan oleh-oleh, padahal banyak tamu dan wisatawan yang menanyakan keberadaannya,” ungkap Wiwik. 🔘 (Mar)

Rate News

Berita Terkait



KABAR BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan