Wartawan tetap harus berpedoman pada Jalurnya

 PERISTIWA


GENPENUS – SUMSEL 🔊 Untuk dapat membentuk wartawan yang profesional, beretika dan bermartabat, Sebanyak 85 wartawan dari berbagai media baik itu media cetak dan media online yang ada di Provinsi Sumsel mengikuti kegiatan orientasi wartawan yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di hotel Amaris Palembang, Kamis (07/11/2019).

Sebagai Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar mengatakan, keberadaan pers sangat penting, karena berperan di segala bidang termasuk di pemerintahan. “Pemerintah harus membantu pers, bagaimana menjadi media profesional dan berkualitas,” ungkapnya.

Firdaus menambahkan, sebagai wartawan harus memberikan berita yang berimbang. “Tidak boleh  memasukkan opini dalam berita. Berita juga harus sesuai dengan fakta dan aktual. Karena itu perlu pelatihan dan pembinaan terhadap wartawan,” katanya.

Dia menambahkan, pers saat ini terus berkembang. “Bahkan sekarang sudah zaman digital,sehingga berkembang media online. Meski begitu, wartawan tetap harus berpedoman pada jalurnya. Dengan mengacu pada kode etik jurnalistik,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), Kurniati Abdullah menambahkan, tugas dan tanggung jawab wartawan sangat besar, sehingga harus betul-betul memperhatikan peraturan sesuai perundang-undangan,” tegas pria yang sudah menjadi wartawan sejak 1992.

Sedangkan Iman Handiman, narasumber lainnya menjelaskan, tentang teknik penulisan berita dan tugas wartawan. Menurut dia, tugas wartawan itu mencari berita dan menuliskannya. “Dalam menulis berita ada lima aspek, pertama memperhatikan isi tema atau topik, organisasi, bahasa dan etika,” tambahnya. (Yu2)

Rate News

Berita Terkait



KABAR BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan